Sabtu, 24 Oktober 2009

KOMPOSISI TUBUH FISIK

Tubuh fisik kita terdiri dari lima unsur utama, yang juga merupakan unsur penyusun seluruh alam semesta. Kulit, daging, dan tulang mempunyai sifat tanah. Darah, keringat, dan ludah menunjukkan sifat air. Panas di dalam tubuh dan sistem pencernaan menunjukkan sifat api. Napas dan kerja di dalam tubuh yang memungkinkan kita untuk meregang dan berkontraksi, dan daya untuk pergerakan yang tak membiarkan kita diam sesaat pun, menunjukkan unsur udara. Unsur ether di dalam tubuh mengendalikan kegiatan kita dan secara bertahap mengkonsumsi semua unsur lain. Karena itu anak-anak lebih aktif, sedangkan orang tua lebih tenang dan cenderung diam.

Itulah penjelasan kasar tentang berbagai bagian tubuh yang menunjukkan berbagai unsur. Mereka berkaitan sebagai berikut: tulang dengan unsur tanah; daging dengan air; darah dengan api; kulit dengan udara; rambut dengan ether.

Di dalam tulang tidak ada sensasi sebagaimana dalam tanah. Pengerutan dan pengembangan jaringan, rasa sakit pada daging, dan pengaruh air baik ke dalam maupun ke luar, membuktikan bahwa daging berhubungan dengan unsur air. Sirkulasi darah secara mutlak bergantung kepada panas; ia mengalir ketika unsur api bekerja. Udara mempengaruhi kulit. Pada cuaca yang panas kulit menjadi lebih gelap, dan lebih terang bila dingin; menjadi kasar bila cuaca buruk, dan halus ketika cuaca baik. Gelap-terangnya kulit terutama dipengaruhi oleh keadaan iklim tempat seseorang dilahirkan dan tinggal. Rambut berkaitan dengan ether dan paling tidak peka, tidak terasa bila dipotong atau dibakar.

Pengeluaran tiap jenis kotoran tubuh dipengaruhi oleh unsur tertentu. Gerakannya disebabkan oleh tanah; kencing disebabkan oleh unsur air; keringat oleh api; ludah oleh udara; mani oleh ether.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar