Kamis, 29 Oktober 2009

Ribuan Pelajar Ikuti Porseni Pelajar V Lutim






MALILI– Ribuan pelajar mulai dari tingkat SD, SMP hingga SMA baik sekolah swasta maupun sekolah negeri mengikuti Porseni Pelajar V Kabupaten Luwu Timur, yang berlangsung dari tanggal 26 – 30 Oktober 2009 di Kecamatan Burau.

Porseni yang dibuka langsung oleh Bupati Luwu Timur, Andi Hatta Marakarma ini, diawali dengan pawai defile dari sekolah se Luwu Timur, dengan mengambil star di Lapangan Sepak Bola Desa Lumbewe, Burau. Akibatnya, jalan Trans Sulawesi dari arah Burau menuju Wotu, macet total selama kurang lebih tiga jam .

Pembukaan porseni pelajar ditandai dengan pembakaran obor lima buah Porseni, oleh Bupati Luwu Timur sebagai simbol bahwa Porseni tahun 2009 adalah Porseni ke- 5 sejak berdirinya Kabupaten Luwu Timur.

Selain di hadiri oleh para Guru dan ribuan siswa, tampak juga para kepala SKPD dan Pimpinan DPRD Lutim, Sarkawi Hamid serta para anggota DPRD Luwu Timur.

Dalam sambutannya, Andi Hatta mengatakan berbicara tentang olahraga dan seni berarti bicara tentang Generasi muda. Generasi muda tidak dapat dipisahkan dari Olah raga dan seni, karena Prestasi olah raga dan seni merupakan pencerminan prestasi generasi muda, demikian juga sebaliknya, prestasi generasi muda dapat diukur melalui prestasinya di bidang olah raga dan seni.

Oleh karena itu, posisi pembangunan olah raga dan seni tidak akan ditempatkan sebagai penunjang dalam rangka peningkatan sumber daya manusia, akan tetapi olah raga dan seni akan menjadi salah satu sektor penting dalam pembangunan Kabupaten Luwu Timur kini dan kedepan. Dalam kaitan ini, kebijakan pemerintah menyangkut lingkup olah raga dan seni tentunya sudah jelas, apalagi dalam upaya mengenalkan olah raga dan seni secara lebih luas dilingkungan pendidikan, yang memang perlu perhatian yang sungguh-sungguh dari seluruh elemen dan para pemangku kepentingan termasuk masyarakat, kata Hatta.

Berkaitan dengan Pekan Olah Raga dan Seni Pelajar ke - V Bupati mengatakan kegiatan tersebut sangat strategis sebagai upaya untuk mendorong peningkatan pembinaan dan pengembangan olah raga dan seni di Kabupaten Luwu Timur.

“ Porseni ini merupakan salah satu bagian penting untuk menjaring bibit-bibit atlet potensial dan seniman seniwati berprestasi dan potensial untuk dibina dan dikembangkan secara optimal. Untuk itu,pembinaan olahraga dan seni sejak dini merupakan langkah positif untuk membangun generasi muda yang berprestasi” papar Andi Hatta.

Namun untuk mendapatkan prestasi terbaik itu seluruh stake holder harus peduli dan aktif terhadap pembinaan olah raga dan seni secara terintegrasi sehingga dapat menghasilkan generasi muda yang berprestasi dibidang Olahraga dan seni. Untuk itu, pihak sekolah perlu mengembangkan berbagai cabang olahraga dan seni di setiap sekolah, serta melakukan pembinaan secara intens, konsisten dan berkelanjutan kepada para anak didiknya. (http://edukasi.kompasiana.com/2009/10/27/ribuan-pelajar-ikuti-porseni-pelajar-v-lutim/)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar